Jalan Kaliurang


Jalan kaliurang sangat panjang. Mulai dari UGM sampai kaliurang, panjangnya kurang lebih 30km. Sampai sekarangpun saya masih bingung. Kalau dilihat ujung selatannya adalah UGM atau perempatan Mirota Kampus, tapi UGm sendiri ada di Jl Kaliurang km 5. Lantas km nolnya dimana? Maaf, saya sendiri juga bingung.

Oke deh, daripada menyesatkan, lebih baik diinformasikan setahunya saja. Jalan ini merupakan jalan 2 arah dimana yang dalam kota (dalam ring road) hanya sampai km 6. Meski begitu dari km 6 sampai km 15 tetap ramai oleh aktifitas perdagangan. Di km 14 terdapat Universitas swasta yang cukup ternama, yaitu UII.

Belum lama, masih di bulan juli 2007, saya sempat lihat iklan koran untuk mencari tahu harga ruang usaha di sini. Ada yang menyewakan seharga 400 ribu sebulan, dan setelah dicek, ternyata trotoar. Ya, trotoar di Jl Kaliurang km 5, samping UGM ditawarkan dengan harga segitu.

Jalan ini saat malam hari penuh dengan warung - warung tenda. Harga tentu saja lebih miring, hanya saja ada yang harus dikorbankan yaitu kenyamanan. Selain tempatnya sederhana, di jalan ini banyak pengemis dan pengamen, jadi jika anda ingin makan malam di sini, siapkan uang receh ala kadarnya. Tidak harus memberi, jika anda memang tidak ada uang kecil cukup bilang tidak ada. Mereka tidak akan memaksa. Kadang musikus2 kampuspun ngamen untuk unjuk kebolehan, jadi jangan kaget jika baru pertama kali makan di sini lantas diserbu rombongan pengamen mahasiswa yang menyanyi paduan suara.

Berapa harga tanah di sini? Jika anda ingin berinvestasi, harga yang dalam kampung km 6 ke bawah sudah sekitar 1 jt/m2, untuk yang pinggir jalan besar bisa 3jt atau lebih. Pinggir jalan besar untuk km 6 sampai 7 sudah mencapai 2-3jt/m2. Daerah - daerah sekitar itu merupakan daerah perkembangan dan harganyapun diatas 500rb/m2.


------------------------------------------------
Anda tinggal di sekitar jalan ini? Mari berbagi informasi. Informasi anda akan sangat membantu teman - teman kita yang ingin berkunjung ke Jogja, terutama jika lewat jalan ini. Jika anda punya toko atau usaha di jalan ini, silahkan di post. Terangkan sejelas - jelasnya agar kita - kita tidak nyasar pas ingin ke sana.

0 komentar:

Post a Comment